Kamis, 03 November 2016

Bangunan yang Berkonsep Green Building

Rumah hijau atau yang sering kita dengar green building sebenarnya merupakan konsep lama karena sudah ada sejak tahun 70 an. Ciri khas yang paling tampak dari green building ini adalah ruang terbuka dengan tumbuhan hijau di sekelilingnya. jika kita amati gedung-gedung tinggi di kota besar seperti Jakarta sudah banyak yang menganut konsep green building ini. 
Konsep yang diusung dari green building ini adalah bangunan yang ramah lingkungan, perbandingan yang seimbang antara ruang bangunan dan ruang terbuka hijau. Dengan banyaknya tanaman di sekitarnya dan ruang terbuka yang cukup maka serapan air hujan juga menjadi maksimal, bangunan dengan konsep green building biasanya terdapat serapan pori air hujan yang sengaja dibuat.
Selain unsur sehat dan ramah lingkungan, green building juga menciptakan harmoni antara tempat tinggal atau bangunan dengan alam sekitarnya. Nuansa hijau dan alami menjadi hal yang wajib untuk bangunan yang berkonsep green building. Bangunan dengan konsep green building ini sangat mengedepankan efisiensi energi, karena ruang yang terbuka menjadikan pencayaaan ruang secara alami dimungkinkan. 
Banyaknya ruang terbuka, dengan fokus pencahayaan, dan penggunaan material bangunan seperti kaca dan sejenisnya menjadikan bangunan berkonsep green building ini sangat efisien dalam pemakaian material bangunan. 
Penggunaan jendela yang besar-besar menjadi salah satu ciri khas bangunan berkonsep green building, dampak yang ditimbulkan diantaranya sirkulasi udara menjadi sangat baik. Hal lain yang menjadi nilai tambah dari bangunan berkonsep green building ini memiliki estetika atau keindahan yang berbeda jika dibandingkan dengan bangunan yang lain.

Sumber : http://www.kompasiana.com/amp/herybekasi/bangunan-yang-berkonsep-green-building_58148b3cf39673c8224ab6b1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar